WajibTahu! 3 Sistem Pembayaran Klaim Asuransi Kesehatan
Posted By admin Posted On

WajibTahu! 3 Sistem Pembayaran Klaim Asuransi Kesehatan

Selain memahami berapa besaran premi asuransi kesehatan keluarga yang harus dibayar setiap bulannya, Anda juga harus memikirkan tentang klaim asuransi. Klaim asuransi merupakan permintaan resmi yang diajukan kepada perusahaan asuransi untuk meminta pembayaran asuransi berdasarkan ketentuan polis.

Memahami hal ini sebelum perlu melakukan klaim sangat penting karena ketika ada anggota keluarga tiba-tiba sakit, anggota keluarga lainnya pasti akan panik. Misalnya ketika anak sakit dan harus dirawat di rumah sakit, orang tua pun harus melakukan tindakan tepat dan mengurus semuanya dengan cepat.

Terdapat tiga sistem pembayaran klaim asuransi kesehatan yang wajib untuk diketahui, yaitu:

Sistem Reimbursement

Salah satu sistem pembayaran klaim adalah reimbursement. Biasanya, pemegang polis asuransi menanggung biaya pengobatan menggunakan uang pribadi terlebih dahulu barulah kemudian pembayaran ditagihkan ke pihak asuransi. Pemegang polis wajib melampirkan dokumen penting seperti kwitansi pembayaran yang didapat dari pihak asuransi, formulir klaim yang sudah diisi dengan data diri, dan lainnya.

Bisa dikatakan, sistem ini agak menyulitkan. Nasabah asuransi harus menyiapkan sejumlah dana sebagai uang muka. Apabila tidak, tentu nasabah tidak akan dilayani dengan baik.

Sistem Cashless

Berbeda dengan sistem reimbursement, sistem pembayaran cashless ini banyak dipilih oleh nasabah asuransi. Sebab, selain mudah, nasabah asuransi hanya perlu memberikan kartu asuransi kepada rumah sakit rekanan. Proses pembayarannya pun langsung tanpa harus mengajukan klaim kepada pihak asuransi.

Meskipun sistem ini memberi kemudahan, sayangnya, tidak semua rumah sakit rekanan bekerjasama dengan asuransi kesehatan yang dipilih nasabah asuransi. Jika tempat tinggal nasabah berjauhan dengan rumah sakit rekan asuransi, pasti menyulitkan.

Sistem Santunan

Terakhir, sistem klaim santunan. Pada sistem ini, pihak asuransi kesehatan memberikan santunan harian pada pemegang polis ketika dirawat di rumah sakit. Untuk besaran santunan yang diberikan tergantung pada polis asuransi yang diambil di awal melakukan pendaftaran asuransi.

Ketika mengajukan klaim pun nasabah asuransi harus melampirkan beberapa dokumen penting seperti kwitansi pengobatan, formulir klaim, diagnosa penyakit, dan lainnya.

Itu dia beberapa sistem pembayaran klaim pada asuransi kesehatan. So, Anda mau pilih sistem pembayaran yang mana?