Promo Toyota Terbaru
Posted By admin Posted On

Promo Toyota Terbaru: Sejarah Toyota

Mungkin banyak yang sudah tahu mobil Toyota apalagi banyaknya promo Toyota Jakarta yang ditawarkan. Toyota adalah salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Perusahaan ini berkantor pusat di Tokyo, Jepang, dan didirikan pada 28 Agustus 1937. Pendiri Toyota adalah Kiichiro Toyoda, anak tertua dari Sakichi Toyoda yang awalnya adalah pendiri Toyota Industries yang memproduksi mesin jahit pada awal tahun 1900-an.

Toyota di Jepang

Bagi orang Jepang, nama Sakichi Toyoda mungkin setara dengan Thomas Alva Edison. Dia tidak hanya menginspirasi industri Jepang, tetapi juga mempermudah pekerjaan penenun pada alat tenun otomatis, sehingga meningkatkan kapasitas produksi tekstil dan efisiensi waktu kala itu.

Etika profesional menjadi terampil dan tidak mudah menyerah diteruskan langsung ke Kiichiro Toyoda, yang sudah terbiasa melihat ayahnya bekerja di pabrik sejak ia masih kecil. Setelah lulus dari universitas, ia bergabung dengan perusahaan keluarga, oyoda Automatic Loom Works Ltd. yang kemudian menjadi Toyota Industries Corporation.

Sebelum Sakichi Toyoda meninggal, ayahnya telah menyuruh putranya untuk melanjutkan bisnisnya. Meski begitu, Kiichiro Toyoda jelas lebih menyukai industri otomotif, yang dianggap sebagai keputusan berisiko pada saat itu. Karena tidak banyak perusahaan Jepang yang bergerak di bidang ini.

Rencana Kiichiro Toyoda untuk memproduksi mobil di Jepang mendapat dukungan langsung dari pemerintah Jepang. Oleh karena itu, pada tahun 1929, ia pergi ke Eropa dan Amerika Serikat untuk belajar dan menginspirasi perkembangan industri otomotif. Dia sering keluar masuk pabrik Detroit, mempelajari setiap sudut Chevrolet dan Ford dan kemudian membangun mobil impiannya.

Setelah kembali dari luar negeri, akhirnya ia memproduksi mobil bernama Model A1 pada tahun 1935. Tidak lama kemudian, Kiichiro Toyoda mendirikan Toyota Motor Company sebagai anak perusahaan Toyota Automatic Loom Works. Nama “Toyota” dipilih karena lebih mudah ditulis dalam huruf Jepang dan lebih beruntung.

Selama Perang Dunia II, Toyota berpartisipasi dalam produksi kendaraan militer yang diproduksi dari sebuah pabrik di Pulau Honshu. Truk fleksibel ini bahkan menjadi pionir Toyota Land Cruiser yang kemudian sukses dijual di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Setelah Kiichiro Toyoda meninggal pada tahun 1952, perusahaan tersebut memperkuat produksi mobil dan mulai mengekspor ke negara-negara di seluruh dunia. Pada tahun 1966, Toyota mulai mengakuisisi perusahaan bus dan truk besar Hino, Nippon Denso dan Daihatsu Motors Company.

Awal Mula Toyota di Indonesia

Di Indonesia sudah banyak ditemukan banyak promo Toyota dari berbagai varian tipe. Mobil Toyota yang pertama kali diproduksi di Indonesia bukanlah mobil asal Jepang melainkan mobil Amerika. General Motors (GM) adalah pabrikan pertama di Indonesia yang memproduksi mobil. Perusahaan mendirikan pabrik di Tanjung Pruek pada tahun 1920.

Pabrik tersebut masih sebatas merakit beberapa komponen menjadi sebuah mobil yang lengkap. Pada tahun 1938, pabrik berkembang dan menjadi pemasok utama mobil Amerika, kemudian dikirim ke Yogyakarta, Surabaya dan kota-kota besar lainnya.

Sayangnya, Perang Dunia I dan Perang Dunia II menghentikan aktivitas pabrik di bagian utara Jakarta. Situasi yang tidak menentu di masa awal kemerdekaan Indonesia juga menyebabkan aktivitas pabrik terhenti. Apalagi, harapan Belanda untuk mendapatkan kembali kendali atas Indonesia membuat situasi semakin rumit.

Akhirnya, setelah penandatanganan meja bundar pada tahun 1949, Belanda tanpa syarat menyerahkan kedaulatannya kepada Indonesia. Keadaan ekonomi berangsur membaik, namun perkembangan industri otomotif masih terganggu. Apalagi setelah nasionalisasi perusahaan Belanda termasuk General Motors.

Pabrik tersebut kemudian diakuisisi oleh pemerintah dan dihidupkan kembali pada tahun 1970-an, Meski begitu, bisnis Toyota di Indonesia sebenarnya sudah dimulai sebelum tahun 1970-an. Pada tahun 1961, Kementerian Imigrasi, Koperasi, dan Bina Lingkungan membeli hingga 100 unit Toyota Jeep beratap kanvas atau dikenal juga dengan Land Cruiser seri FJ, yang didistribusikan ke berbagai daerah.

Dan hingga saat ini sudah banyak tipe, jenis, dan varian mobil Toyota yang dijual di pasar Indonesia terlihat dari mobil Toyota yang ada di jalanan, dealer resmi Toyota hingga bengkel resmi Toyota. Salah satu dealer Toyota resmi yang menawarkan promo Toyota terbaru yaitu Astrido Toyota dengan berbagai pilihan mobil Toyota yang lengkap dan pastinya terpercaya.