Pisang Sebagai Makanan Rendah Kolesterol yang Menyehatkan
Posted By admin Posted On

Pisang Sebagai Makanan Rendah Kolesterol yang Menyehatkan

Pisang adalah salah satu buah yang menyehatkan serta disukai banyak orang karena memiliki tekstur yang lembut dan juga rasa yang manis. Pisang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang enak. Tapi tahukah Anda bahwa pisang juga termasuk sebagai makanan rendah kolesterol?

Manfaat Pisang Untuk Penderita Kolesterol

  1. Mengurangi kolesterol dalam tubuh

Pisang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya yaitu mampu mengurangi kolesterol jahat / LDL dan kolesterol total. Ini karena pisang kaya akan serat larut yang mudah diserap pencernaan dan mencegah penyerapan kolesterol berlebih.

Untuk manfaat yang maksimal, setidaknya konsumsi 5-10 gram serat larut tiap hari. Pisang memiliki 7%-14% serat larut pada setiap 0,7 gramnya sehingga dapat mengonsumsi buah-buahan lain untuk melengkapi kebutuhan serat larut seperti alpukat dan beri.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Pisang memang dapat mengurangi kelebihan kolesterol jahat dalam tubuh. inilah mengapa pisang juga dapat menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kelebihan LDL dapat menyebabkan masalah kesehatan terutama pada jantung karena terjadinya penyumbatan arteri sehingga menghambat aliran darah ke jantung dan ke seluruh tubuh.

Penurunan kolesterol artinya dapat mencegah penyumbatan arteri sehingga jantung juga bisa lebih sehat. Pisang juga dapat membantu mengatur tekanan darah karena kandungan kaliumnya sekitar 420 mg yang efektif dijadikan sebagai makanan untuk diet sehat.

  1. Mengatur gula darah

Biasanya mereka yang menderita kolesterol dan diabetes harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan manis. Meskipun pisang memiliki rasa yang manis namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh apalagi karena dukungan kandungan serat pektin larutnya.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Karena pisang memiliki kandungan serat yang tinggi, maka pisang juga dapat menjaga kesehatan pencernaan. Inilah mengapa ketika sulit bab maka disarankan untuk mengonsumsi pisang. Konsumsi pisang rutin dapat meningkatkan perkembangan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

  1. Menangkal radikal bebas

Pisang kaya akan kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Kandungan vitamin C juga akan mendukung fungsi tersebut. Dengan ini maka sel-sel dalam tubuh akan terjaga dan juga tetap sehat.

  1. Menjaga berat badan

Apabila Anda ingin menjaga berat badan agar tetap ideal dan atau ingin menurunkan berat badan, maka pisang bisa menjadi pilihan sebagai camilan yang akan membuat kenyang. Pisang memiliki kalori yang rendah yaitu 100 kalori.

Turunkan Kolesterol Bersama Nestlé ACTICOR

Cara-cara di atas bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat menurunkan kolesterol. Namun perlu diperhatikan bahwa pola hidup sehat lainnya, seperti pola makan yang sehat (seperti makanan rendah kolesterol) dan kebiasaan olahraga secara teratur perlu dilakukan untuk memaksimalkan hasil yang diharapkan.

Kemudian, jangan lupa minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Sama seperti makanan rendah kolesterol, Nestlé ACTICOR juga mengandung serat larut yang menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh, inulin pada akar sawi putih dan β-glukan pada oat. Minum 2x sehari setelah makan untuk hasil optimal.