Memilih Susu Terbaik Untuk Anak 1 Tahun
Posted By admin Posted On

Memilih Susu Terbaik Untuk Anak 1 Tahun

Susu formula biasanya diberikan setelah anak berusia 1 tahun ke atas dan untuk 1 tahun ke bawah terutama pada usia 0-6 bulan masih membutuhkan pemberian ASI ekslusif. Hal ini karena ASI dari ibu dapat memberikan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak selama masa pertumbuhannya. Orang tua tentu perlu mempertimbangkan pemilihan susu terbaik untuk anak agar dapat memenuhi kebutuhan si kecil.

Susu Formula Untuk Anak

Setelah berusia di atas 6 bulan, bayi disarankan untuk tetap diberikan ASI bersamaan dengan makanan pendamping karena semakin bertambahnya usia anak maka nutrisi yang dibutuhkan juga akan lebih besar. Maka dari itu MPASI sangatlah penting bahkan hingga anak berusia 2 tahun. Umumnya yang termasuk MPASI yaitu susu formula karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan.

Pemberian MPASI tentu tidak sembarangan karena haruslah yang bergizi seimbang agar anak dapat tumbuh dengan baik. Apabila hal ini diabaikan, maka anak bisa saja kekurangan nutrisi. Biasanya gizi yang dibutuhkan oleh anak seperti kalsium, protein, dan juga kalori yang bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan.

Maka dari itu orang tua harus ekstra memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh si kecil. Susu formula dapat diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari dikatakan tidak mampu memberikan gizi yang dibutuhkan atau ada sebagian nutrisi yang kurang terutama kalsium, kalori, dan protein. Kekurangan nutrisi atau gizi tentu dapat berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan anak.

Pemilihan Susu Formula Terbaik

Sebenarnya setiap susu terbaik untuk anak memiliki keunggulannya masing-masing sehingga Ibu dapat mempertimbangkan kandungan susu formula mana yang paling sesuai dengan kebutuhan anak. Meskipun begitu, kandungan yang dimiliki susu formula umumnya sama seperti pre/pro-biotik, ARA, DHA, zat besi, kalsium, dan protein.

Dalam memilih susu formula, perhatikan juga kandungan gulanya. Jika memungkinkan, pilihlah susu rendah gula dengan tujuan untuk mencegah risiko anak mengalami diabetes dan juga obesitas. Meskipun hampir sama, tetap ada beberapa komposisi yang berbeda pada setiap susu formula.

Bukan hanya kandungan saja yang harus diperhatikan namun juga total atau jumlah setiap kandungan nutrisi yang ada di dalam susu formula tersebut. Anda dapat melihatnya di bagian label Nutrition Facts yang menuliskan nutrisi yang dimiliki setiap merk dan produk susu formula.

Sebelum membeli susu formula untuk anak, pastikan untuk mengecek masa kadaluarsa produk. Setelah membeli susu formula, simpanlah di wadah yang kering dan juga tertutup rapat untuk menjaga kualitas produk. Anda bisa mempertimbangkan susu terbaik untuk anak dari SGM yang memiliki banyak varian jenis susu tanpa membuat ibu pusing dalam memilih susu yang tepat.