Membahas Tuntas Kegunaan Pemberian Menu Sehat Untuk Anak
Posted By admin Posted On

Membahas Tuntas Kegunaan Pemberian Menu Sehat Untuk Anak

Proses pertumbuhan dan perkembangan anak tidak luput dari konsumsi harian mereka. Dimana nutrisi yang diperlukan untuk energi harian mereka dan juga kebutuhan tumbuh kembang mereka berasal dari konsumsi harian anak. Maka dari itu, anak perlu menerapkan pola makan teratur agar konsumsi nutrisi harian mereka tercukupi. Jika anda mengabaikan kegiatan ini, anak anda akan cenderung mengalami kekurangan nutrisi selama masa perkembangannya yang akan berdampak pada proses pertumbuhan mereka.

Kegiatan pemberian nutrisi yang baik melalui makanan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang dibuat sendiri oleh ibu mereka. Hal ini dikarenakan kualitas bahan makanan dan proses makanan yang disarankan akan terjamin dibandingkan dengan membeli makanan cepat saji. Pemberian makanan cepat saji, tidak baik untuk kesehatan anak. Makanan cepat saji maupun makanan yang dimasak oleh orang lain tidak begitu menyehatkan anak. Sebab, proses pemasakan dan bahan baku pembuatan makanan yang dilakukan tidak terjamin.

Dalam masa pertumbuhan anak, konsumsi minyak berlebihan serta bumbu penyedap berlebih akan mengganggu perkembangan mereka. Dimana konsumsi minyak berlebih akan menyebabkan obesitas dan mengganggu kesehatan organ tubuh anak. Konsumsi penyedap berlebih akan menyebabkan masalah kesehatan pada anak. Sebab itu, menu sehat untuk anak yang benar adalah mengurangi konsumsi kedua hal tersebut.

Menu sehat untuk anak adalah makanan yang kaya akan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan mereka seperti protein, lemak hingga vitamin dan mineral. Salah satu mineral yang penting untuk tumbuh kembang anak yaitu zink, adapun manfaat zink selain untuk membantu penyembuhan luka dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, zink juga dapat membantu pertumbuhan sel, membantu sintesis DNA, serta berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Selama masa perkembangan dan pertumbuhan anak memang memerlukan lemak untuk menunjang kegiatan tersebut. Namun, porsi minyak yang diperlukan tidak banyak dan cenderung sedikit. Jika berlebihan akan menyebabkan permasalahan kesehatan. Jadi, seperti apa menu sehat untuk anak sebenarnya?

Menu sehat untuk anak adalah menu makanan yang mencukupi kebutuhan harian anak seperti makanan yang kaya akan serat, protein, mineral, vitamin, lemak hingga karbohidrat. Dalam menyediakan menu sehat untuk anak, anda juga harus memperhatikan proses pembuatan menu sehat untuk anak tersebut. Dimana anda harus menggunakan bahan yang segar dan juga berkualitas baik agar nutrisi mereka tercukupi. Bahan makanan berkualitas disini dimaksudkan adalah bahan makanan yang tidak rusak, busuk dan masih segar. Bahan makanan berkualitas masih memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Proses pembuatan menu sehat untuk anak juga harus higienis. Dalam artian air yang digunakan memasak hingga peralatan memasak bersih. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir bakteri masuk ke dalam menu sehat untuk anak. Pemasakan yang dilakukan juga tidak boleh memerlukan banyak step karena mengurangi kadar nutrisi dalam makanan. Makanan sederhana dapat menjadi opsi menu sehat untuk anak seperti sop ayam hingga sayur bening. Pemberian garam dan penyedap juga harus diperhatikan selama memasak.