Macam Macam Bumbu Penyedap Rasa dari Buah dan Biji
Posted By admin Posted On

Macam Macam Bumbu Penyedap Rasa dari Buah dan Biji

Masakan tidak akan sempurna tanpa adanya campuran khusus dari bumbu penyedap rasa. Masakan akan terasa hambar, biasa saja jika tidak menggunakan campuran bumbu olahan, bahkan bisa juga masakan akan kurang enak jika penggunaan bumbu kebanyakan dan sebaliknya.

Jadi, takaran bumbu yang pas akan membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat tentu saja. Nah, jenis bumbu ini sendiri ada beberapa macam sumbernya yang pertama dari jenis buah dan biji, kemudian dari bunga sampai dari daun.

Sekarang kita akan bahas beberapa jenis bumbu masakan yang paling umum bersumber dari olahan buah dan biji ini dia ulasan lengkapnya semoga bisa menjadi tambahan refrensi anda.

Daftar Bumbu dari buah dan biji

 

Adas  (Anisud)

Selain digunakan menjadi bumbu penyedap rasa, adas sendiri merupakan salah satu bagian dari rempah rempah yang sangat bagus dalam pengobatan alamiah, salah satu ekstrak minyak adas ini bisa anda temukan dalam minayak telon bayi.

Asam (Tamarin)

Asam sendiri sudah sejak lama menjadi remah rempah atau olahan bumbu alamiah, olahan asam sendiri dalam dunia kuliner banyak diguanakan dalam menyempurnakan rasa masakan, sampai dengan pembuatan jamu.

Warna asam yang kuning ini juga akan memberikan efek masakan menjadi sangat gurih dan menarik misalkan pada olahan ikan laut, kemudian daging sapi, kambin sampai dengan ayam.

Bahkan, asam sendiri banyak digunakan untuk memasak ayam kemudian di goreng kembali dan terbukti lebih enak dan warna kuningnya menambah keindahan dan daya tarik tersendiri.

Bunga Pala (Mace)

Buat anda yang sering membuat aneka jenis olahan makanan dari kue maka bunga pale sendiri sangat sering anda gunakan. Ini adalah hiasan sekaligus penyedap dari kue dengan berbagai jenis menjadi lebih lezat.

Biji Pala (Nutmeg)

Kemudian biji pala yang warananya coklat tua ini banyak digunaka dalam memasak jenis daging, misalkan membuat sup iga dan lain sebagainya.

Pala adalah salah satu tumbuhan khas Indonesia yang berasal dari maluku dan sampai sekarang banyak di export keluar negeri sebagai komiditi perdagangan rempa rempah dunia dan menambah devisa negara.

Cabe kecil (Cayenne)

Cabe, ya cabe ini banyak jenisnya ada cabe rawit, cabe besar orang biasa menyebutnya. Nah ada lagi jenis cabe kecil yang bisa disebut dengan istilah cayenne.

Biji cabe ini sendiri banyak digunakan sebagai bumbu yang memberikan efek pedas pada masakan, cabe ini sendiri banyak dijumpai dalam masakan yang berkuah dan goreng.

Cabai Besar (Red chilli)

Rasakan sensasi masakan dengan irisan cabe besar yang kecil kecil menjadi lebih sempurna. Cabe ini biasa digunakan kulitnya dalam mencampur masakan dan enak sekali disantap baik berupa tumis dan sayuran.

Kemiri (Candlenut)

Kemudian yang tidak kalah populer adalah buah kemiri, buah yang kulitnya juga bermanfaat ini di dalamnya terdapan buah berwarna kuning telur, lonjong dan banyak sekali digunakan sebagai bumbu penyedap masakan.

Ketumbar (Corriander)

Kemudian juga ketumbar, ini jenis bumbu tradisonal yang sangat populer dan sangat mudah anda temukan di pasar tradisional. Ketumbar sangat enak digunakan dalam mengolah berbagai jenis masakan.

Kemudian jenis buah lain masih banyak, antara lain:

  • Jintan
  • Kapulaga
  • Lada putih
  • Lada hitam
  • Vanili
  • Biji selasih dll.