Kewajiban Negara Berdasarkan UUD 1945 dan Penjelasanya
Posted By admin Posted On

Kewajiban Negara Berdasarkan UUD 1945 dan Penjelasanya

Mungkin ada banyak oaring yang belum mengetahui pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli. Namun sebagai warga negara yang patuh terhadap konstitusi maka Negara juga harus bisa menunaikan kewajibanya kepada seluruh rakyatnya. Dalam hal ini, ada beberapa kewajiban negara yang sudah di atur oleh UUD 45 antara lain:

Melindungi wilayah dan warga negara.

Yang pertama adalah melindungi wilayah dan warga negara, bentuk perlindungan ini tentu sangat banyak sekali.

Dari sisi perlindungan wilayah misalkan Negara wajib menjamin keamanan rakyat yang tinggal di daerah perbatasan baik dari sisi penyediaan lapangan kerja, pendidikan sampai dengan fasilitas kesehatan yang memadai.

Kemudian tidak lupa juga Negara harus siap melindungi wilayah dari rebutan negara lain, karena Indonesia selama sejarah sudah beberapa kali wilayah ujung di rebut oleh negara tetangga maka dari itu ini adalah salah satu kewajiban negara pada point yang nomer satu ini.

Kemudian Negara juga wajib menjamin keselamatan sumber devisa terbesar yang dalam hal ini menyangkut kemanan tenaga kerja indonesia yang berada di luar negeri.

Salah satu wujud tindakan nyata pemerintah dalam hal ini adalah dengan memberikan duta besar hampir di semua negara di Dunia untuk melakukan kewajibanya sebagai pelindung warga negara baik dalam dan luar khususnya.

Memajukan kesejahteraan umum

Fungsi negara ini sudah tertuang dalam butir UUD 45 dari pembukaan sampai akhir. Dimana fungsi kedua Negara menjamin kemajuan dari sisi kesejahteraan rakyatnya dengan cara membuka kran investasi lebih di permudah sampai dengan penyediaan lapangan kerja dan pemberian upah minimum yang layak bagi setiap pekerja yang ada di Indonesia tanpa terkecuali.

Sayanyangan fungsi ini belum begitu berjalan secara maksimal, bisa jadi karena banyak faktor dan kendala dari luas daerah, jumlah penduduk, kualitas SDM dan lain sebagainya yang harus tetap di benahi sampai tuntas.

Selain itu masih banyak lagi kewajiban lain yang bisa kita lihat mulai dari mencerdaskan khidupan bangsa, kemudian andil dalam perdamaian dunia, menjamin kebebasan beragama, memajukan pendidikan, memelihara fakir misikin dan juga anak terlantar sampai dengan menjamin ketersediaan faskes dan layanan yang bermutu.