Ingin Anak Tumbuh Sehat? Berikan Asupan Sayur dan Buah yang Cukup
Posted By admin Posted On

Ingin Anak Tumbuh Sehat? Berikan Asupan Sayur dan Buah yang Cukup

Kanak-kanak merupakan momen krusial yang harus diperhatikan orangtua agar bisa memberikan nutrisi terbaik. Demi mendukung pertumbuhan tubuh tersebut, pilih makanan nutrisi tinggi untuk memenuhi kebutuhan si kecil sejak masa MPASI. Tidak ada salahnya memberikan menu buah dan sayuran sehat ke dalam daftar makan harian anak, ya!

Manfaat makan buah dan sayuran setiap hari

Seiring perkembangan usia, anak bisa menjadi pribadi yang pemilih alias picky eater. Untuk menghindari pertumbuhan anak yang kurang optimal, orangtua harus memberikan asupan makanan nutrisi tinggi yang terkandung pada buah dan sayuran. Berikut manfaat makan buah dan sayuran setiap hari untuk mendukung optimalisasi pertumbuhan anak yaitu :

1.  Pemenuhan kebutuhan gizi tubuh

Banyak vitamin dan mineral yang terkandung pada buah dan sayuran untuk meningkatkan sistem imun mereka. Selain itu, beberapa buah dan sayuran hijau kaya zat besi yang bisa mencegah risiko anemia pada anak-anak.

2.  Mengurangi risiko obesitas

Dewasa ini, tingkat obesitas pada anak-anak cenderung meningkat seiring pola makan yang tidak sehat. Bahkan, ada anak-anak yang memiliki kadar gula dan lemak yang tidak terkontrol sejak dini. Kebiasaan mengonsumsi makanan gorengan, berlemak, junk food, dan menu tidak sehat lain menjadi penyebab utama. Selain itu, anak yang jarang melakukan aktivitas fisik semakin meningkatkan risiko alami kelebihan berat badan tersebut.

3.  Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat pada buah dan sayuran bisa melancarkan sistem pencernaan anak sehingga risiko alami sembelit tidak akan terjadi. Jika anak susah makan sayur atau buah, maka Anda harus pandai mengolah menu yang disukai si kecil. Membentuk bento makanan yang terdiri dari karbohidrat, lauk pauk dan sayuran bisa meningkatkan nafsu makan si kecil.

4.  Mendukung pembentukan sel dan jaringan baru

Berkaitan dengan masa pertumbuhan anak, Anda turut mendukung pembentukan sel dan jaringan baru lewat menu sehat setiap hari. Berdasarkan penelitian, anak-anak yang suka makan buah dan sayuran memiliki imunitas lebih tinggi yang berpengaruh pada prestasi akademik lebih baik daripada anak yang tidak konsumsi buah dan sayuran.

5.  Mendukung anak bebas dari risiko penyakit kronis usia dewasa

Makan buah dan sayuran sejak dini bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga organ dalam tubuh berfungsi optimal. Makanan tidak sehat bisa menyebabkan risiko terserang penyakit kronis usia dewasa semakin meningkat. Lakukan pencegahan sejak dini daripada mengobati pada usia lebih dewasa, ya!

Manfaat makanan nutrisi tinggi yang berasal dari buah dan sayuran wajib menjadi perhatian semua orangtua. Pilih buah dan sayuran yang disukai si kecil lebih dulu, lalu kenalkan jenis yang lain secara bertahap. Memberikan informasi mengenai manfaat buah dan sayuran pada anak sangat dianjurkan agar si kecil tidak menjadi picky eater lagi.