Apa Beda Batuk Alergi Pada Anak dan Tips Mengatasinya
Posted By admin Posted On

Apa Beda Batuk Alergi Pada Anak dan Tips Mengatasinya

Usia anak-anak memang rentan terkena  batuk, apalagi bagi yang punya daya tahan tubuh rendah.  Tapi, batuk pada anak juga ada beberapa penyebab, diantaranya karena virus atau batuk alergi pada anak. Lantas bagaimana cara membedakan, agar pengobatannya tepat?

Batuk Virus VS Batuk Alergi Pada Anak

Sebenarnya cukup mudah untuk membedakan kedua jenis batuk pada anak tersebut, apalagi bagi anak yang memang punya riwayat alergi. Mau tahu perbedaannya?

  • Gejala

Pada batuk virus, gejalanya seperti bersin-bersin yang tak kunjung berhenti. Terkadang disertai demam akibat upaya tubuh anak mengatasi virus tersebut. Ada juga yang ditambah gejala lemas, hidung tersumbat, dan keluar lendir.

Sedangkan batuk alergi gejalanya memang mirip, diantaranya bersin-bersin dan hidung yang gatal. Kemudian batuk dengan rasa tenggorokan yang juga gatal, namun tidak ada gejala seperti demam atau lendir yang keluar saat batuk.

  • Kapan Terjadinya?

Untuk batuk karena virus, bisa terjadi kapan saja tergantung kapan virus berhasil mengganggu sistem imunitas tubuh anak. Jika makin parah, maka anak akan mengalami batuk hingga berhari-hari.

Batuk alergi lain lagi, anak hanya akan mengalami batuk saat ada pemicunya. Biasanya akan membaik setelah sumber alergi menghilang dari dalam tubuh anak. Batuk alergi pada anak ini juga kebanyakan dialami ketika malam hari, pada kondisi cuaca dingin.

  • Penyebab

Batuk akibat virus tentunya disebabkan oleh virus tertentu, yang mengganggu sistem pernafasan dan imunitasnya. Tapi untuk batuk alergi, penyebabnya tergantung jenis alergi pada Anak Anda. Misalnya dipicu debu, bulu hewan, kacang, atau jamur.

  • Lama Sembuh

Proses sembuhnya batuk akibat virus, tergantung pada daya tahan tubuh anak dan pengobatan yang dilakukan biasanya sekitar tiga hari atau lebih. Ada yang sampai berbulan-bulan dan sudah mengarah pada Tuberkulosis (TB), sehingga butuh penanganan lebih lama.

  • Menular Atau Tidak?

Untuk batuk virus, akan sangat menular apalagi jika anak dibiarkan tetap bermain dengan anggota keluarga lainnya. Bisa jadi dalam beberapa jam atau hari, anggota keluarga lain akan terpapar virus batuk yang sama.

Beda dengan jenis batuk alergi, tidak menular karena hanya mengganggu metabolisme tubuh anak. Batuk ini terjadi akibat masuknya zat atau benda asing, melalui sistem pernafasan yang ditolak oleh tubuh. Semakin cepat diatasi, maka batuk pada anak akan semakin cepat hilang.

Tips Atasi Batuk Virus dan Batuk Alergi Pada Anak

Anda juga perlu tahu, bagaimana cara mengatasi batuk anak berdasarkan jenisnya. Beda batuk akan beda penanganannya.

  • Batuk Virus

Untuk mengatasinya, dibutuhkan penanganan dokter karena banyak virus yang bisa memicu terjadinya batuk. Jadi, Anda harus pastikan konsultasi ke dokter agar semua bisa diatasi dengan lebih baik.

  • Batuk Alergi

Tips mengatasi batuk alergi diantaranya adalah, segera memberikan banyak cairan seperti air putih hangat. Kemudian beri pereda batuk, yang mengandung pelega tenggorokan seperti menthol. Bisa juga dengan menggunakan cairan semprot, pada area hidung agar batuk segera reda.

Demikianlah beda batuk alergi pada anak dengan batuk virus, identifikasilah secepat mungkin agar proses pengobatannya bisa tepat sasaran. Anda tentu tak mau, melihat buah hati tercinta mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh bukan?