5 Cara Mencegah Kurang Gizi pada Anak
Posted By admin Posted On

5 Cara Mencegah Kurang Gizi pada Anak

Kondisi kekurangan gizi pada anak harus diwaspadai oleh semua orang tua. Kekurangan gizi bisa berdampak fatal terutama bagi pertumbuhan juga perkembangan buah hati tercinta. Beli S26 sebagai susu formula dengan nutrisi lengkap dan memberikannya pada anak menjadi salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kekurangan gizi.

 

Pencegahan Kurang Gizi

 

Jika kondisi kurang gizi terjadi dalam jangka waktu lama, maka bukan hal yang aneh jika si kecil kemudian mendapat status gizi buruk. Berikut akan dibahas 5 langkah yang bisa dilakukan agar kondisi gizi buruk ini dapat dicegah.

1.     Variasikan Jenis Makanan

Cobalah untuk memberikan variasi menu makanan setiap hari. Ubah jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh si kecil sehari-hari. Setiap bahan makanan punya jenis nutrisi yang berbeda. Dengan membuat variasi makanan, maka asupan nutrisi yang diterima si kecil juga akan semakin lengkap. Selain itu, langkah ini juga membantu anak untuk mengenal lebih banyak rasa makanan agar tidak bosan.

2.     Atur Jam Makan

Tidak hanya mengatur jenis makanan yang dikonsumsi, orang tua juga perlu mengatur pola makan anak khususnya jam makan. Tetapkan jadwal makan untuk anak agar terbiasa dengan pola makan yang teratur. Jadwal makan yang berantakan bisa membuat anak seringkali sudah kenyang sebelum waktunya makan besar.

Hindari memberi makan di waktu-waktu tertentu misalnya menjelang waktu tidur. Jam tidur juga harus disesuaikan. Jangan memaksa anak makan saat tiba waktu tidur karena ia pasti mengantuk dan enggan makan. Penerapan jam makan yang teratur akan membantu anak makan lahap semua makanan yang disajikan.

3.     Berikan Susu dan Suplemen

Jika makanan yang dikonsumsi sehari-hari dirasa tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisi maka berikan susu dan suplemen. Anak bisa mengonsumsi susu formula pilihan seperti S26. Beli S26 di toko yang terpercaya untuk mendapat kualitas susu asli dengan kandungan nutrisi lengkap. Konsultasikan juga pada dokter apakah anak bisa mengonsumsi produk suplemen atau vitamin tertentu.

4.     Sesuaikan Porsi Makan

Jangan memaksa anak makan dalam porsi banyak. Setiap anak punya porsi makan yang berbeda. Berikan makanan sesuai porsi yang sanggup dihabiskan oleh si kecil. Sajikan makanan tersebut dengan cara yang menyenangkan misalnya dibentuk beragam karakter agar anak lebih semangat makan.

5.    Berikan Camilan

Selain memberikan makanan utama pada anak, jangan lupa sajikan pula aneka jenis camilan. Orang tua bisa memberikan camilan seperti buah, kue, biskuit, dan lain sebagainya untuk anak. Namun, pastikan jadwal makan camilan tidak berdekatan dengan makan utama agar anak tetap mau makan.

Itulah 5 langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah kurang gizi pada buah hati. Lengkapi kebutuhan nutrisi anak dengan membeli beragam jenis produk makanan, susu, maupun suplemen di toko online perlengkapan bayi. Baca terlebih dahulu detail produk untuk memastikan anak mendapat nutrisi tepat dalam jumlah akurat.